Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Ajaran 2023/2024

Nastiti, Diyah Tri (2024) Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
BISMILLAH SKRIPSI DIYAH - Diyah Tri Nastiti.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan media yang berupa video pembelajaran pada materi ta’aruf. Penelitian ini dilatar belakangi oleh media pembelajaran yang digunakan guru di SMA Muhammadiyah 1 Metro yang masih berupa buku cetak/LKS, sehingga perlunya inovasi media pembelajaran berupa video pembelajaran untuk menciptakan pemebelajaran yang menyenagkan. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar bahasa arab bagi siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Metro.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen True Experimental. Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas X. Kelas X2 sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan metode ceramah dan kelas X3 sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes. Instrumen yang digunakan ialah tes minat belajar dengan menggunakan soal sebanyak 10 soal pilihan ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pree-test post-test dari kedua kelas membuktikan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan video pembelajaran. Berdasarkan Independen Sample T test pada Tabel 4.16, dapat diketahui bahwa jumlah nilai sing (2-tailed) sebesasr 0,666 >0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa hasil uji-t, yaitu pada taraf signifikansi 0,05, dihitung -0,435, rata-rata kelompok eksperimen 77 dan kelompok kontrol 66,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa kedua metode sama-sama memeberikan efek pada minat belajar siswa, namun metode video pembelajaran tidak memebrikan pengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 01 Nov 2024 07:20
Last Modified: 01 Nov 2024 07:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item