Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Problematika Pembelajaran Nahwu Santri Kelas Jurumiyah Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung Timur

Widiawati, Reka (2024) Problematika Pembelajaran Nahwu Santri Kelas Jurumiyah Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Dokumen dari ca - Reka Widiawati, 19 Juni, Novita Rahmi, 75,.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Problematika pembelajaran nahwu dirasakan oleh setiap santri kelas jurumiyah di pondok pesantren riyadlatul ulum yang baru pertama kali belajar nahwu dan baru mengenal pelajaran nahwu. rata-rata santri masih awam dan tidak paham mengenai ilmu nahwu. Santri belum bisa membaca kitab sesuai dengan kaidah ilmu nahwu. Pembelajaran Nahwu bagi yang belum pernah mondok masih sulit untuk dipahami dan harus diajarkan mulai dari yang paling dasar. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran nahwu santri kelas jurumiyah pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu guru, Dan santri sedangkan data sekunder yaitu buku ajar, dan arsip pondok pesantren. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika Pembelajaran nahwu kelas jurumiyah santri pondok pesantren riyadlatul ulum digolongkan menjadi problematika kebahasaan dan non kebahasaan. Adapun Santri yang memiliki kesulitan nahwu dalam pembelajaran nahwu dari faktor kebahasaan ialah santri mengalami kesulitan dalam menentukan kedudukan kata, i’rab dan tanda-tanda i’rab, isim-isim yang dibaca nasob, rofa dan jar. Sedangkan dari faktor non kebahasaan Problematika ini mencakup minat santri dalam belajara nahwu, latar belakang pendidikan santri sebelumnya, waktu yang digunakan dalam pembelajaran, metode yang digunakan guru dalam pembelajaran dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:33
Last Modified: 01 Nov 2024 03:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10315

Actions (login required)

View Item View Item