Rohmah, Eva Toyibatur (2024) Hubungan antara Penguasaan Mufradat dan Maharah Qira'ah di Pondok Pesantren Darul A'mal Putri Metro Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
FULL skripsi-Eva Toyibatur Rohmah - Eva Thoyyibah, 4 Juni 2024, Sutarjo J, 53.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Mufradat ialah sekumpulan kata atau kalimat yang memiliki makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara penguasaan mufradat dan maharah qira’ah di Pondok Pesantren Darul A’mal Putri Metro tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Teknik korelasional. Sifat dari penelitian ini adalah asosiatif, artinya penelitian ini menggunakan metode statistic yang digunakan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dua variabel dan mengetahui seberapa kuat hubungan tersebut.
Objek dalam penelitian ini adalah penguasaan mufradat dan maharah qira’ah santri kelas al-imrithi pondok pesantren darul a’mal putri. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas al-imriti putri yang berjumlah 6 kelas dengan total keseluruhan 220 santri. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas al-imrithi B putri dengan jumlah 36 santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan mufradat dan maharah qira’ah di pondok pesantren darul a’mal putri metro tahun ajaran 2023/2024 dengan hasil perhitungan rxy=0,886. Untuk taraf signifikan 5% diperoleh sebesar 0,329 dan pada taraf signifikan 1% diperoleh sebesar 0,423. Dengan demikian rxy>rtabel. Maka hipotesisnya adalah H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:13 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10362 |
Actions (login required)
View Item |