Abdillah, Hamid (2024) Problematika Pembelajaran Maharah Qira’ah Pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Ma’arif 03 Seputih Banyak TP.2024/2025. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Hamid Abdillah - 2001021006 - PBA.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran keterampilan membaca dalam bahasa Arab memegang peranan penting sebagai salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa untuk memahami bahasa secara keseluruhan. Namun, proses ini sering dihadapkan pada berbagai kendala, baik yang bersifat linguistik maupun non linguistik, seperti ketidak tepatan dalam pengucapan huruf, kesulitan mengenali karakteristik huruf Arab, hingga kurangnya pemahaman konteks teks. Berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan guru bahasa Arab di Madrasah Aliyah Ma'arif 03 Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah, siswa kelas XI masih mengalami berbagai kesulitan dalam belajar membaca teks Arab dengan baik dan benar. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca, sehingga diharapkan dapat menemukan solusi yang tepat untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam bahasa Arab.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan berbasis kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis melakukan analisis data dengan melakukan tiga tahap, yakni reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Maharah Qira’ah di Madrasah Aliyah Ma'arif 03 Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah, terdapat dua permasalahan utama, yaitu problematika linguistik dan problematika non linguistik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:17 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:17 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10393 |
Actions (login required)
View Item |