Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Korelasi Antara Kedisiplinan Dalam Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 4 Metro

Nur’aini, Iis (2019) Korelasi Antara Kedisiplinan Dalam Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 4 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI IIS NUR'AINI NPM. 14114431.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan siswa sangat berperan dalam peningkatan hasil belajar. Siswa yang disiplin dalam melaksanakan tugas secara tertib dan teratur, serta disiplin dalam memeriksa setiap pekerjaan atau latihan akan dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik. Melalui kedisiplinan yang dilakukan peserta didik, peserta didik akan terbiasa untuk belajar, peneliti menemukan kesenjangan antara kedisiplinan siswa dan hasil belajar . Terlihat bahwasanya ada beberapa siswa Siswa sering terlambat masuk kelas pada jam pelajaran, Siswa kurang tepat waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan 19 (66%) dari 29 siswa Hasil belajar Agama Islam siswa tidak memenuhi kreteria ketuntasan minimum yang ditentukan sekolah. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar PAI siswa SMP Negeri4 Metro? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis adanya hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar PAI siswa SMP N 4 Metro.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa seluruh siswa SMP Negeri 4 Metroyang ber jumlah 224 siswa dan sampel yang digunakan adalah 56 siswa. Metode yang digunakan adalah metode angket sebagai metode yang utama, dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus Prodact Momentuntuk mengetahuui taraf signifikan antara variabeldan yang di konsultasikan dengan yaitu menggunakan taraf signifikan 5 %.

Setelah di analisa ternyata Terdapat hubungan antara kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihatSetelah diperoleh harga 0.362.kemudian mengkonsultasikan nilai rproduct moment pada taraf signifikan 5%, yang lebih dahulu dicari nilai dfpada taraf signifikan 5% = 0.279,Dengan demikian rdari hasil hitung, (0.362) lebih besar dari rpada tabel, baik pada taraf signifikan 5%. Atau dapat di formulasikan sebagai berikut 0.362>0.279sehingga hipotesis yang peneliti ajukan diterima atau terdapat hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 4 Metro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:19
Last Modified: 17 Jan 2020 02:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1049

Actions (login required)

View Item View Item