Hernianti, Fitri (2024) Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Tanya Jawab Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negri 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
FITRI HERNIANTI (NPM. 2001021004).pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan berbicara Bahasa arab merupakan keterampilan yang berorientasi kepada kemampuan muhadatsah yang berarti mengucapkan suara- suara bahasa Arab dengan benar. Keterampilan berbicara adalah suatu proses yang efektif. Dengan keterampilan berbicara kita dapat menyampaikan berbagai macam informasi (fakta, peristiwa, gagasan, ide, tanggapan, dan sebagainya). Berdasarkan hasil prasurvey Penyebab permasalahan tersebut adalah pembelajaran yang membosankan dan pembelajaran yang kurang efektif sehingga siswa merasa bosan dan malas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Tanya jawab pada pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa arab di madrasah Aliyah negeri 1 lampung timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah metode Tes, Observasi dan Dokumentasi. Data yang digunakan pada penelitian ini berbentuk sampel dari jenjang kelas sepuluh yaitu 30 siswa dari kelas sepuluh di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Timur. Teknik analisis data yang digunakan memakai Triangulasi. Triangulasi yang digunakan triangulasi metode, triangulasi sumber dan triangulasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini mengunakan model Milles and Huberman yang didalamnya terdapat reduksi data, pengumpulan data, analisis data dan kesimpulan penelitian. Dalam pengunaan penelitian tindakan kelas pada penelitian ini menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, yang mana setiap siklusnya memiliki pre-test dan pot-test. Penghitungan analisisnya menggunakan rumus rata-rata pada setiap siklus yang di laluinya. Kriteria ketuntasan minimal pelajaran Bahasa arab di madrasah Aliyah negeri 1 lampung timur ialah 75% atau memiliki indeks komulatif nilai 75.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan metode Tanya jawab untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siklus I menghasilkan presentase pre-test sebesar 20% dan post-test sebesar 47%. Pada siklus II di ketahui rata-rata ketuntasan nilai siswa sebesar 60% untuk nilai pre-test dan 80% nilai post-test. Melihat peningkatan yang signifikan antara siklus I dan Siklus II memiliki perbandingan dalam peningkatan nilai sebesar 40% untuk pre-test dan 33% untuk post-tes. Sehingga dapat di simpulkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode Tanya jawab pada siswa menjadi salah satu metode yang direkomendasikan untuk melatih serta meningkatkan kelancaran keterampilan berbicara Bahasa arab.
Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Metode Tanya Jawab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 01:59 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 01:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10565 |
Actions (login required)
View Item |