Mutoharoh, Siti Lailatul (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Di TK PGRI 1 Bumiharjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
SKRIPSI SITI LAILATUL MUTOHAROH - 2001040030 - PIAUD.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran di abad 21 membutuhkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Pengetahuan, keterampilan, sikap dan kemampuan berpikir kritis juga dibutuhkan. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan karena kemampuan ini tentu sangat diperlukan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan global. Begitupun dengan anak usia dini, kemampuan berpikir kritis dapat ditumbuhkan sedari diri untuk menghadapi masa depan yang kompleks dan penuh dengan tantangan. Kemampuan ini menjadi langkah penting dalam membentuk perkembangan intelektual dan kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flipbook, menganalisis kelayakan media flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan menganalisis efektivitas penggunaan media flipbook dalam aktivitas pembelajaran.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan yang lebih dikenal dengan sebutan Research and Development (R&D). Model yang dikembangkan mengadopsi dari model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK PGRI 1 Bumiharjo yang berjumlah 21 peserta didik sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melibatkan ahli media, ahli materi dan hasil uji coba secara empiris. Hasil rekomendasi dari ahli media dan ahli materi terletak pada aspek desain media dan keterbacaan yang telah dilakukan tindakan perbaikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran flipbook yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan oleh hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan skor rata-rata sebesar 85,66% dan hasil uji coba produk terhadap 21 peserta didik sebagai responden menunjukkan skor rata-rata sebesar 78,53%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook yang dikembangkan sangat layak dan efektif digunakan dalam aktivitas pembelajaran bagi anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Media Pembelajaran Flipbook, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 02:41 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |