Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas XI Di SMA N 6 Metro

Riyanto, Aziz (2024) Penggunaan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas XI Di SMA N 6 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AZIZ RIYANTO - 2001011026 - PAI.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA N 6 Metro, yaitu rendahnya hasil belajar siswa yang diperoleh masih jauh dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan yaitu < 60 . Berdasarkan hasil prasurvey diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar PAI yaitu suasana kelas terlihat tidak kondusif, selain itu kurangnya kemandirian siswa dalam mengemukakan pendapat, rendahnya rasa percaya diri dalam diri siswa, sumber belajar tang masih terbatas, serta pendidik masih kurang dalam menggunakan media pembelajaran dan belum menggunakan model dan media pembelajaran yang bervariasi. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 6 Metro? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 6 Metro pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode jigsaw.

Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus nya terdiri dari tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 6 Metro, sebanyak 19 siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran PAI materi beriman pada siklus I adalah 53% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 26% menjadi 79%. Dari analisis data dapat dipahami bahwa metode jigsaw dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Kata Kunci : Metode Jigsaw, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 09 Jan 2025 00:55
Last Modified: 09 Jan 2025 00:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10604

Actions (login required)

View Item View Item