Muslikhah, Nur Nisa’i (2024) Hubungan Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dan Kemampuan Membaca Nyaring Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Di MTs An-Nuur GUPPI Majapahit Tahun Ajaran 2024/2025 M. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
SKRIPSI Nur Nisa'i Muslikhah - 2001021011 - PBA.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara kemampuan membaca Al qur'an dengan kemampuan qiroah jahriyah dalam mata pelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VII di MTs An-Nuur Guppi Majapahit tahun ajaran 2024/2025 M. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kemampuan membaca Al-qur'an dalam mendukung kemampuan siswa dalam membaca dan melafalkan teks berbahasa Arab secara baik dan jelas. Kemampuan membaca Al-qur'an yang baik dianggap mampu menunjang kemampuan siswa dalam membaca secara nyaring, sehingga mendukung keberhasilan proses pembelajaran bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian berjumlah 52 siswa. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yaitu sebanyak 52 siswa yang diambil sebagai sampel dengan metode sampling jenuh. Pengumpulan data dengan tes lisan untuk mengukur kemampuan membaca Al-qur'an melalui bacaan surat Al-waqi'ah dengan memperhatikan aspek tartil, mahkrajul huruf dan tajwid, dan tes lisan qiroah jahriyah diukur melalui bacaan teks berbahasa Arab dengan memperhatikan pelafalan yang tepat (makhraj), intonasi dan kelancaran membaca siswa. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi product moment pearson untuk menentukan ada atau tidaknya hubungan antara kedua variabel.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca Al-qur'an dan kemampuan qiroah jahriyah siswa berdasarkan hasil uji korelasi pearson. Nilai koefisien korelasi antara kedua variabel sebesar 0,947, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan membaca Al-qur'an berdampak positif terhadap kemampuan qiroah jahriyah siswa kelas VII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 01:03 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 01:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |