Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SDN 1 Gunung Agung Kec. Sekampung Udik Kab. Lampung Timur

Sari, Mela (2024) Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SDN 1 Gunung Agung Kec. Sekampung Udik Kab. Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Mela Sari.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ketersediaan sumber belajar dapat mendorong siswa dalam menggali dan memahami materi pembelajaran. Aktivitas belajar dapat di katakan efektif dan berhasil dapat dilihat dari perolehan hasil belajar siswa. Semakin baik ketersediaan sumber belajar, semakin tinggi hasil belajar siswa. Sebaliknya, semakin kurang atau terbatasnya ketersediaan sumber belajar, semakin rendah hasil belajar yang diperoleh siswa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Apakah ada pengaruh ketersediaan sumber belajar terhadap hasil belajar PAI siswa di SDN 1 Gunung Agung Kec. Sekampung Udik Kab. Lampung Timur?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketersediaan sumber belajar terhadap hasil belajar PAI siswa di SDN 1 Gunung Agung, Kec. Sekampung Udik, Kab. Lampung Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 49 siswa, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (quesioner) dan dokumentasi. Angket ini digunakan untuk mendapat data tentang Ketersediaan sumber belajar, serta dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan sejarah berdirinya SDN 1 Gunung Agung, visi dan misi sekolah, struktur organisasi, data jumlah guru, data jumlah siswa, sarana dan prasarana SDN 1 Gunung Agung serta hasil belajar atau nilai siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis pearson product moment.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang kuat ketersediaan sumber belajar terhadap hasil belajar PAI siswa di SDN 1 Gunung Agung, Kec. Sekampung Udik, Kab. Lampung Timur. Hal ini ditunjukan dari hasil perolehan r ialah 0.602, manakala jadual rtabel pada taraf signifikasi 5% ialah 0.282, bermakna nilai hasil rhitung > rtabel bermakna Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian, apabila ditafsirkan dalam jadual korelasi, ternyata nilai “r” 0.602 berada dalam antara 0.60 – 0.799, yang tafsirannya ialah antara variabel X dengan Variabel Y terdapat korelasi yang kuat. Selain itu, dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana, Ketersediaan sumber belajar mempunyai pengaruh sebanyak 36,2% dalam mempengaruhi hasil belajar PAI dan 63.8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Ketersediaan sumber belajar, Hasil belajar PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:51
Last Modified: 17 Feb 2025 01:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10761

Actions (login required)

View Item View Item