Yani, Neli indri (2024) Penerapan Metode Praktikum dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 8 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Neli Indri yani.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Timur yang disebabkan oleh metode pembelajaran guru yang berpusat pada guru serta jarangnya penggunaan media pembelajaran pada saat penyampaian materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode praktikum pada pembelajaran IPA teradap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Timur.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah metode praktikum, sedangkan varabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa.Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 8 Metro Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Timur dengan jumlah 29 siswa. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Pengumpulan data yang diperoleh selama penelitian menggunakan tekniknon tes dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Adapun target yang ingin dicapai pada indikator keberhasilan ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan ditandai dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa mencapai nilai ≥75 dengan presentase siswa ≥85%.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Timur setelah diterapkan metode praktikum. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata presentase pada siklus I 75,5% dan meningkat sebanyak 34,75% dari data awal. Pada siklus II Presentase rata-rata sebesar 96,5 %. Setelah dilakukan tindakan selama dua siklus siswa mencapai hasil tuntas dengan meningkatnya presentase sebesar 21%.
Kata Kunci : Metode Praktikum, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 08:08 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 08:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |