Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Di SMP Negeri 9 Metro

Rahmawati, Novi (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Di SMP Negeri 9 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Novi Rahmawati.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui langkah-langkah pengembangan LKPD berbasis pendekatan CTL pada materi aljabar. 2) respon siswa terhadap LKPD berbasis pendekatan CTL pada materi aljabar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah. Langkah-langkah penelitian ini meliputi: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli untuk aspek kevalidan dan angket respon siswa kepda 30 siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 9 Metro.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis CTL yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi dengan skor rata-rata persentase validasi ahli materi sebesar 86,11% dan validasi ahli media sebesar 78,84%. Dari segi kepraktisan, LKPD ini memperoleh rata-rata persentase respon siswa sebesar 84,75%, yang menunjukkan bahwa LKPD ini sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan CTL yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar di SMP Negeri 9 Metro.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, LKPD, Model ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan
Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 19 Feb 2025 04:00
Last Modified: 19 Feb 2025 04:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10788

Actions (login required)

View Item View Item