Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Aplikasi Pendidikan Holistik dalam Pengajaran Bahasa Arab di Sekolah SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Lampung

Rahmah, Zuherini (2024) Aplikasi Pendidikan Holistik dalam Pengajaran Bahasa Arab di Sekolah SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Lampung. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ZUHERINI RAHMAH.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran holistik di SMP Ahmad Dahlan Metro diterapkan untuk mengajarkan Bahasa Arab dengan pendekatan yang menyeluruh, mengintegrasikan keterampilan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis dalam konteks kehidupan nyata. Pendekatan ini tidak hanya fokus pada aspek linguistik, tetapi juga mencakup pemahaman budaya dan tradisi Arab, sehingga siswa dapat mengembangkan kompetensi komunikatif yang lebih baik dan lebih relevan dengan situasi sehari-hari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pembelajaran holistik dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Lampung. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pendekatan holistik dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan berbahasa Arab siswa, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapannya.

Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait kurikulum dan bahan ajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran holistik dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah ini telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan berbahasa siswa. Siswa menunjukkan
minat yang lebih besar dan partisipasi yang lebih aktif dalam proses pembelajaran. Namun, penelitian juga menemukan beberapa hambatan, seperti keterbatasan sumber daya dan kurangnya pelatihan bagi guru.

Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar sekolah meningkatkan pelatihan bagi guru terkait pembelajaran holistik dan menyediakan sumber daya yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran. Selain itu, perlu ada penyesuaian
kurikulum untuk lebih mengakomodasi pendekatan holistik sehingga penerapannya dapat lebih optimal dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 15 Apr 2025 02:10
Last Modified: 15 Apr 2025 02:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11017

Actions (login required)

View Item View Item