Sofyan, Andika (2018) Penerapan Metode Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII E MTs Negeri 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI ANDIKA SOFYAN NPM. 14113701.pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Fiqih membutuhkan situasi yang menarik untuk menstimulasi belajar siswa. Keberhasilan pembelajaran Fiqih banyak faktor baik kemampuan pendidik, metode, media juga materi.Kemampuan menguasai kelas melalui aktifitas mengajar dengan berbagai metode dan media sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan yang muncul yaitu penggunaan metode kurang tepat, tidak melibatkan siswa dalam pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa.
Dalam proses pembelajaran yang berhasil, siswaharus berperan aktif dan ikut serta dalam pembelajaran. Dengan demikian salah satu metode yang dapat digunakan adalah scramble, dimana setiap siswabenar-benar tidak ada yang diam karena setiap siswa diberi tanggung jawab akan keberhasilan kelompoknya.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“Apakah penerapan metode scrambledapat meningkatkan hasil belajar Fiqih siswakelas VIII EMTs Negeri I Lampung Timur?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII E MTs Negeri 1 Lampung Timur melalui penerapan metodescramble.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang diaksanakan selama 2 siklus, dimana pada tiap siklus itu terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi dan refleksi. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan soal tes (pretestdan posttest), observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis penelitian menggunakan rata-rata hitung.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanmetode scrambleberhasil memecahkan masalah pembelajaran Fiqih dengan ditandai adanya perkembangan siswa yaitu meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I rata-rata nilai 72,5 atau73,53% tingkat ketuntasan dan meningkat signifikan menjadi 80,88 pada siklus II atau mencapai 85,29%. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 11,76%.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapanmetode scrambledapat meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII E MTs Negeri 1 Lampung Timur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 08:19 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 08:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1393 |
Actions (login required)
View Item |