Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Pemberian Tugas Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Annur Guppi Mojopahit Tahun Pelajaran 2018/2019

Fathnasary, Heby (2018) Pengaruh Penggunaan Metode Pemberian Tugas Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Annur Guppi Mojopahit Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI HEBY FATHNASARY NPM. 14127692.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bahasa arab adalah satu mata pelajaran yang wajib di tempuh oleh siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah di dalam pembelajaran bahasa arab terdapat 4 keterampilan yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Dalam kemampuan menulis bahasa arab perlu adanya metode yang bisa memaksimalkan kemampuan siswa dalam menulis. Salah satu factor berhasil atau tidak nya pembelajaran yaitu dengan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa serta hubungan yang tidak selaras antara guru dengan murid menyebabkan terjadinya permasalahan dalam pembelajaran, dan kondisi ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah.

Permasalahan yang ada dalam pembelajaran khususnya bahasa arab, yaitu siswa tidak aktif dan cenderung pasif. Oleh karena itu, guru harus bisa menciptakan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan serta dapat memberikan kesempatan siswa saling bekerja sama untuk menyelesaikan tugas dengan terstruktur. Dengan demikian setelah siswa belajar bahasa arab diharapkan agar terampil menggunakan berbagai konsep bahasa arab setiap hari.

Adapun metode resitasi (pemberian tugas)adalahmetodeyangdigunakan pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran. Peneliti menggunakan desain penelitian kuantitatif yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, adapun kelas yang dipilih peneliti untuk kelompok eksperimen adalah kelas VIII Adengan jumlah 21siswa, dan peneliti memilih kelas VIII B menjadi kelompok kontroldengan jumlah 22siswa, adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan test dan dokumentasi, dalam penelitian ini peneliti menggunakan rumus t-test untuk menganalisi data.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh penggunaan metode pemberian tugas (resitasi) terhadap kemampuan menulis bahasa arab Siswa Mts Annur Guppi Majapahit Lampung TengahTahunPelajaran 2018/2019?”

Adapun hasil penelitian tentang pengaruh penggunaan metode resitasiterhadap keterampilan menulis bahasa arabsiswakelas VIII MTsAn-nuur Guppi MojopahitTahun Pelajaran 2018/2019 yaitu hasil pos test kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil pos test kelas kontrol, dimana nilai rata-rata kelas eksperimen adalah77,619, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah73,409.

Dan setelah analisis data menggunakan rumus t-test hasil nilai thitung = 9,905sedangkan nilaittabel (df = n1+ n2 –2 = 21+ 22–2 = 41) mendefinisikan nilai thitung dalam tingkat 0,05%, maka didapat nilai ttabel = 1,684. Dari hasil perhitungantersebutdiketahui thitung lebih besar dari ttabel (9,905> 1,684).Dan ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka kesimpulannya adalah ada pengaruh penggunaan metode pemberian tugas (resitasi) terhadap kemampuan menulis bahasa Arab siswa VIII MTsAn-nuur Guppi MojopahitTahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 23 Jan 2020 00:54
Last Modified: 23 Jan 2020 00:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1399

Actions (login required)

View Item View Item