Yuni, Nurohmah (2019) Hubungan Minat Baca dan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Smp Negeri 2 Way Jepara Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
NUROHMAH YUNI NPM. 1706731.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan dalam belajar dan mencapai hasil belajar yang optimal tentu tidak lepas dari proses pembelajaran yang terjadi dikelas. Beberapafaktor untuk meningkatkan hasil belajar siswa antara lain yaitu minat baca dan penggunaan mediapembelajaran.Minat baca adalah kecenderungan hati untuk membaca, yang mana minat akan membaca perlu dipupuk, dibina, diarahkan, dan dikembangkan dari usia dini, remaja, sampai usia dewasa yang melibatkan peranan orang tua, sekolah, dan masyarakat.Siswa yang memiliki minat baca yang tinggi maka akan membantu dalam meningkatkan hasil belajarnya.Sedangkan penggunaan media pembelajaran juga berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal inikarena siswa akan mudah tertarik untuk belajar jika guru mempersiapkan media dan pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu bentuk perangsang dan alat yang disediakan oleh guru untuk mendorong siswa belajar secara cepat, tepat,mudah, benar dan tidak terjadinya verbalisme.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat baca dengan hasil belajar PAI, hubungan penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar PAI dan untuk mengetahui hubungan minat baca dan penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 2 Way Jepara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Way Jepara. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Angket dilaksanakan terhadap responden untuk mengetahui minat baca dan kefektifan penggunaan media pembelajaran dan dokumentasi untuk mengumpulkan data tertulis seperti nilai hasil belajar PAI.Minat baca dan penggunaan media pembelajaran memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar PAI.Hal tersebut dibuktikan dengan nilai koefisien variabel X dan Y diperoleh nilai nilai Fh (Fhitung)sebesar 17,1dan Ft (Ftabel) sebesar 3,15 (Fh>Ft) dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = 63–2–1 = 60, dengan taraf signifikan 5%, sehinggaberarti bahwa minat baca dan penggunaan media pembelajaran memiliki konstribusi terhadap hasil belajar PAI. Semakin tinggi minat baca serta semakin efektif dan efisien penggunaan media pembelajaranmaka akan semakin tinggi pula hasil belajar PAI dan semakin rendah serta kurang efektif dan efisien penggunaan media pembelajaran maka akan semakin rendah pula hasil belajar PAI siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 04:13 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 04:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1435 |
Actions (login required)
View Item |