Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kesulitan Belajar Maharoh Kalam Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020

Halim, Abdul (2020) Analisis Kesulitan Belajar Maharoh Kalam Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRPSI ABDUL HALIM 1501020027 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bahasa adalah salah satu aspek yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, sehingga dapat dikatakan bahwa bahasa adalah milik seseorang yang dibawa bersama pemiliknya, maka bahasa selalu muncul dalam aspek dan aktivitas manusia dan tidak ada aktivitas manusia tunggal yang tidak disertai dengan bahasa. dalam bahasa arab perlu banyak yang harus di pelajari dalam mengekspresikannya, bahasa arab mempunyai empat keterampilan, yaitu: keterampilan berbicara, keterampilan membaca, keterampilan menulis dan keterampilan mendengar. Adapun faktor yang sangat berpengaruh dalam berbahasaadalah pandainya manusia dalam terampil berbicara, Maharah al-Kalamadalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan pikiran berupa ide, pendapat, keinginan, atau perasaan kepada lawan bicara. Dalam makna yang lebih luas, berbicara merupakan suatu sistem tanda-tanda yang dapat didengar dan dilihat yang memanfaatkan sejumlah otot dan jaringan otot tubuh manusia untuk menyampaikan pikiran dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Secara umummaharah al-kalambertujuan agar mampu berkomunikasi lisan secara baik dan wajar dengan bahasa yang mereka pelajari. Secara baik dan wajar mengandung arti menyampaikan pesan kepada orang lain dalam cara yang secara sosial dapat diterima.dalam keterampilan berbicara tentunya sangat sulit bagi warga selain bangsa arab,untuk menyampaikan keinginan apa yang ingin di sampaikan pembicara kepada orang lain dengan bahasa arab yang bukan bahasa yang sering di pakai di kalangan orang indonesia maka banyak sekali kesulitan kesulitan yang telah di alaminya dan tentunya itu akan mengganggu kita untuk berkomunikasi dengan baik.

Beranjak dari masalah ketidakmampuan belajar yang berdampak besar pada pembelajaran pasti dapat membahayakan guru dan siswa dalam menerima materi. Dalam belajar bahasa Arab, tentu saja, Anda benar-benar membutuhkan banyak pelatihan untuk berbicara dan menghafal kosa kata sehingga tidak ada kesulitan dalam belajar bahasa Arab. Siswa juga harus aktif dalam belajar. Setelah siswa itu tampak sulit ketika dia berbicara bahasa Arab dan berbicara itu dan keakuratan bahasa Arab tidak baik, Selain menghafal kebiasaan kosakata oleh siswa, menciptakan lingkungan yang mendukung untuk berlatih percakapan. Dengan lingkungan bahasa yang baik, ucapan juga dapat terjalin dengan baik. Apapun, ada banyak masalah dalam belajar berbicara di MTs Riyadlatul ulum yang membuat kurangnya belajar maksimal dalam keterampilan berbicara, kurangnya berbicara siswa dalam berbicara dan kebiasaan berbicara juga dapat menghambat proses belajar berbicara,ketidak jelasan dalam pelafalan dan susunan tarkibnya membuat si pembicara dan pendengarnya membuat kesulitan.Berdasarkan gambaran diatas,maka peneliti melakukan penelitian Deskriptif Kualitatif dengan menganalisis kesulitan belajar maharoh kalam pada siswa kelas VIII MTs Riyadlatul ulum Batanghari Lmapung Timur, penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan belajar maharoh kalam pada pelajaran bahasa arab. 2) untuk mengetahui bagaimana cara untukmendapatkan solusi atau cara mengatasi agar para siswa ketika belajar maharoh kalam pada pelajaran bahasa arab supaya tidak merasa kesulitan dan memiliki rasa senang untuk belajar bahasa arab dan mampu mengaplikasikan bahasa arab sehari hari untuk berkomunikasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Riyadlatul Ulum,dengan menggunakan penelitian Deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Dalam wawancara untuk mengetahui permasalahan yang telah di alami siswa dan mendapatkan data tentang faktor yang mempengaruhinya, dalam observasi peneliti peneliti melihat permasalahan yang nampak pada siswa ketika dalam pembelajaran dan dokumentasi untuk bukti pelaksanaan penelitian.

Dengan penelitian yang telah peneliti lakukan telah ditemukan Masalah kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab disebabkan oleh tiga aspek, yaitu masalah bunyi, kosa kata dan sintaksis, yaitu, aturan dan sintaksis. Adapun masalah suara Arab, mereka disebabkan oleh kesulitan dalam beberapa suara Arab ketika berbicara pemahaman jangka panjang kepada pendengar, tanpa hanya berbicara huruf Arab, karena beberapa kata Arab memiliki gambar tetapi Tidak memiliki suara, sehingga siswa dapat melafalkan huruf dengan salah, sehingga pendengar dapat mendengar kebalikan dari apa yang dimaksud oleh pembicara. Mengobati masalah kalam bahasa Arab perlu mengetahui penyebabnya, di satu sisi suara, perawatan yang dapat diberikan adalah melatih siswa untuk mengucapkan kata-kata dan suara bahasa Arab dengan mempertimbangkan karakteristik mereka seperti mempermalukan huruf dan nada. Di sisi kosa kata, guru harus mengurus penyajian kosakata yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari siswa, Dan agar guru memperhatikan penyajian kosakata dalam bentuk kalimat yang sepenuhnya bermanfaat, untuk membantu siswa membiasakan diri dengan ekspresi pemahaman dan tujuan. Sedangkan untuk mencoba menangani masalah-masalah bahasa Arab dalam hal aturan dan ekspresi, membuat lingkungan yang mendukung semisal club bahasa arab, kemudian guru dapat menyederhanakan aturan dan bobot yang dipelajari, dan memberikanAturan yang sering digunakan siswa untuk berbicara, dan tidak fokus pada aturan untuk menyiapkan keterampilan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:42
Last Modified: 24 Jan 2020 03:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item View Item