Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Metode Tamyiz Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas X SMAN 01 Raman Utara Tahun Pelajaran 2019/2020

Novianti, Rinanda (2020) Pengaruh Penerapan Metode Tamyiz Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas X SMAN 01 Raman Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RINANDA NOVIANTI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas X SMAN 01 Raman Utara. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode tamyiz terhadap motivasi belajar bahasa Arabpeserta didik.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 01 Raman Utara sebanyak 111 peserta didik. Sedangkan sampel yang diambil dari populasi yaitu 54 peserta didik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket, dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk menyebarkan angket kepada peserta didik. Kemudian dalam menganalisa data digunakan rumus uji asumsi dan homogenitas kemudian menggunakan rumus r Product Mmoment.

Setelah data dianalisis, diketahuibahwa harga koefisien r untuk metode Tamyiz terhadap motivasi belajar bahasa Arab adalah 0,657 dengan interpretasi cukup, pada taraf signifikan 5%. Nilai r hitung = 0,657 dan r tabel = 0,308 sehingga r hitung > r tabel = 0,657 > 0,308. Sedangkan besarnya signifikan nilai koefisien determenasinya sebesar 0,43 = 43%. Maka, Ho ditolak. Artinya hipotesis peneliti, “terdapat pengaruh yang positif metode Tamyiz terhadap motivasi belajar bahasa Arab”, diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:45
Last Modified: 24 Jan 2020 03:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item