Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Antara Kemampuan Qowaid dengan Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab Santri Kelas Ibtida Tsalis Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2019/2020

Sahroni, Ahmad (2020) Hubungan Antara Kemampuan Qowaid dengan Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab Santri Kelas Ibtida Tsalis Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AHMAD SAHRONI NPM 1501020062 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bahwasannya kemampuan membaca adalah salah satu keterampilan bahasa dengan mengucapakan huruf-huruf dan atau lafadz oleh akal pembaca dan memahami teks bacaan. Dan membaca itu adalah proses yang sangat penting untuk memperoleh berbagai ilmu dengan cara membaca buku-buku, majalah, dan artikel. Dan khususnya membaca teks bahasa Arab di pondok pesantren menjadi sumber pembelajaran utama. Karena kebanyakan kitab yang ditulis dengan bahasa Arab tanpa adanya harakat dan tanda baca. Dan ilmu gramatika (qowaid)adalah salah satu alat untuk bisa membaca kitab tersebut.

Berdasarkan gambaran diatas, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan antara kemampuan qowaiddengankemahiran membaca teks bahasa Arab. Dalam penelitian ini, peneliti menetapkan pertanyaan penelitian yaitu”Apakah ada hubungan antara kemampuan qowaiddengan kemahiran membaca teks bahasa Arabsantri kelas Ibtida’ TsalitsPondok Pesantren Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2019/2020. Adapun desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi yaitu untuk mengatahui derajat hubungat antara dua variabel atau lebih. Adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan rumus product moment.

Hasil penelitian menunjukkkan adanya hubungan antara kemampuan qowaid dengankemahiran membaca teks bahasa Arab. Hal itu karena nilai r hitung berada pada nilai 0,876 dan ketika dibandingkan dengan r tabel pada jumlah n= 54, diketahui bahwa nilai r hitung pada derajat signifikasi 5% adalah 0,266, dan pada derajat signifikasi 1% adalah 0,345. Dan r hitung lebih besar dari r tabel pada derajat signifikasi 5% atau 1% yaitu (0,266<0,876>0,345). Dan nilai rxy sebesar 0,876 tersebut berada pada rentang antara 0,80-1,00 yang mempunyai tingkat hubungan yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka hipotesis penelitian yang peneliti ajukan yaitu: “Ada hubungan antara kemampuan qowaiddengan kemahiran membaca teks bahasa Arabsantri kelas Ibtida’ TsalitsPondok Pesantren Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2019/2020” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:48
Last Modified: 24 Jan 2020 03:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item