Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VII MTs Ma’arif 1 Punggur Lampung Tengah

Purwanti, Heni (2018) Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VII MTs Ma’arif 1 Punggur Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI HENI PURWANTI NPM. 14114381.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik yang rendah merupakan wujud dari berbagai masalah yang muncul dari kegiatan pembelajaran. Hasil belajar yang rendah pada pelajaran Fiqih ditandai dengan masih banyaknya peserta didik yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran masih terkesan monoton, kurangnya pemanfaatan danpenggunaan media pembelajaran,sehingga peserta didik banyak yang tidak memperhatikan materi yang disampaikan. Peserta didik juga banyak yang kurang aktif dalam proses pembelajaran hal ini ditandai dengan kurangnya peserta didik dalam bertanya, mengemukakan pendapat, dan menjawab pertanyaan yang diberikan pendidik, sehingga peserta didik kurang memahami materi, hal ini terbukti dengan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VII MTs Ma’arif 1 Punggur Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VII MTs Ma’arif 1 Punggur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dan metode pengumpulan data menggunakan tes, yaitu pre-testdan post-test,metode dekumentasi danobservasi.

Dari hasil penelitian dan setelah melakukan uji hipotesis peneliti memperoleh hasil pada uji perbedaan dua rata-rata terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang model pembelajaran yang menggunakan multimedia pembelajaran dengan peserta didik yang tidak menggunakan multimedia pembelajaran di tunjukkan dalam ????ℎ????????>????????????????dimana ????ℎ????????= 3,333 dan ????????????????= 1,67 dan dapat disimpulkan bahwa ????0ditolak dan ????????diterima. Hal ini berarti ada pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VII MTs Ma’arif 1 Punggur Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jan 2020 05:06
Last Modified: 28 Jan 2020 05:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item