Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di MTs NU 13 Hargomulyo Lampung Timur

Saputra, Yogi Ganda (2020) Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di MTs NU 13 Hargomulyo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI YOGI GANDA SAPUTRA_1501010229-1-dikompresi - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengajar merupakan kompetensi profesional yang cukup kompleks, sebagai integrasi dari berbagai kompetensi guru secara utuh dan menyeluruh. Macam-macam keterampilan mengajar guru adalah keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan mengajar guru adalah keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, dan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan perseorangan. Hasil belajar merupakan Hasil belajar adalah suatu hasil yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuin hubungan antara keterampilan mengajarguru terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ma’arif NU 13 Hargomulyo Lampung Timur. Skripsi ini bersifat Kuantitatif. Anggota populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik Sampling Proposional statified Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (Quesioner) dan dokumentasi. Angket peneliti gunakan untuk memperoleh data tentang ketermapilan mengajar guru. Sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data guru dan keadaan sekolah. Tehnik analisis data yang dugunakan untuk memperoleh validitas instrumen yautu dengan rumus PersonProduct Moment dan untuk memperoleh reliabilitas instrumen yaitu dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan rumus PersonProduct Moment yang kemudian pengujan hipotesisnya dengan uji t.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: ada hubungan antara keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar. Setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan rumus korelasi PersonProduct Momentdiperoleh nilai korelasi 0,288 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar. Sedangkan berdasarkan uji t diperoleh berdasarkan uji t diperoleh nilai sebesar 6,942 > ttabel sebesar 2,007 artinya thitunglebih besar dari ttabel. Dan nilai signifikan 0,00 < 0,05 artinya nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (H0) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:10
Last Modified: 29 Jan 2020 06:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1580

Actions (login required)

View Item View Item