Mu`Awwanah, Fitriatul (2020) Hubungan Antara Penguasaan Qawaid Nahwu dengan Membaca Kitab Kuning Kelas Alfiyah Ula Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI FITRIATUL MU'AWWANAH 1501020032 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Darihasil prasurvey pada santri kelasAlfiyah Ula Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur tahun ajaran 2019/2020 ditemukanmasalah yang berkenaan dengan penguasaan kaidah nahwu dengan membaca kitab kuning, yaitu: santri kurang menguasai penerapan kaidah nahwu, santri kurang mampu mengidentifikasi kedudukan kalimat dalam teks bacaan, santri kurang lancar dalam membaca kitab kuning, santri kurang memahami isi bacaan, santri yang tidak memahami kaidah nahwu, dia tidak bisa menguasai membaca kitab kuning.Berdasarkan masalah diatas maka peneltian inibertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kaidah nahwu dengan keterampilanmembaca kitab kuning santri kelas Alfiyah UlaPondok Pesantren RiyadlatulUlum BatanghariLampung Timur tahun ajaran 2019/2020.Untuk mendapatkan data, penelitimenggunakan metode tes dan metode dokumentasidengan jumlah sampel 37 santri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif korelasi, yanganalisis datanyamenggunakan rumus product moment. Darihasil analisisdata yang penelitilakukan didapatkan hasilr hitung 0,737, menunjukkan lebih besar darir tablepada taraf signifikan 5% (0,325) maupun 1% (0,418).Maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara penguasaan qowaid nahwu dengan membaca kitab kuning santri kelas Alfiyah UladiPondok Pesantren Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 07:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 07:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1598 |
Actions (login required)
View Item |