Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Pembiasaan di SD Negeri 02 Rukti Basuki Kecamatan Rumbia

Primadona, Habib (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Pembiasaan di SD Negeri 02 Rukti Basuki Kecamatan Rumbia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
HABEBSKRIPSI PDF OK - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvey peneliti, pada hasil belajar semester ganjil mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tahun pelajaran 2018/2019 terdapat beberapa siswa yang belum tuntas karena variasi gaya mengajar yang kurang menunjang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang masih menggunakan metodepembelajaran yang lama. Dari hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :”Apakah penerapan MetodePebiasaandapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Negeri 02 Rukti Basuki Kecamatan Rumbia?”

Mengacu masalah tersebut diatas, penulis berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metodepembelajaran pembiasaanpada sub pokok bahasan Q.S Al-Falaq dan Bersih Itu Sehat . Pada proses pembelajaran siswa akan terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitiantindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, dan pada tiap siklusnya dilakukan tigakali pertemuan dengan masing-masing pertemuan adalah 2 x 35 menit , kemudian tahap-tahapnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa yang telah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran pembiasaan siswa kelas IV SD Negeri 02 Rukti Basuki, Kecamatan Rumbiasemester ganjilTP 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: pembelajaran menggunakan penerapan metode pembiasaandapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam SD Negeri 02 RiktiBasukikelas IV semeseter ganjil, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan ketuntasan sebesar 78,79%, dan pada siklus II yaitu 100%. Artinya terdapat peningkatan dari siklus I kesiklus II sebanyak 21,21%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jan 2020 08:07
Last Modified: 29 Jan 2020 08:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item View Item