Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII SMP Islamiyah

Wahyuningsih, Sri (2020) Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII SMP Islamiyah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SRI WAHYUNINGSIH - sriwahyu ningsih.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk menyiapkan siswa untuk mengenal, memahami, menghayati, sejarah kebudayaan islam. Yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya (way of life)melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman, pembiasaan dan keteladanan. Hal lain yang terkait dengan sejarah kebudayaan islam adalahkemampuan siswa dalam menggali nilai, makna, ibrah atau hikmah, dalil dan teori darifakta sejarah yang ada.

Berdasarkan hasil Pra Survey melalui wawancara dengan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Ibu Dewi Rahayu, S.Pd.I yang peneliti lakukan pada hari sabtu 27 Oktober 2018, diketahui bahwa siswa kurang menguasai pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam hal tersebut terlihat disaat guru memberikan pertanyaan pada siswa setelah guru menjelaskan materi SKI, sebagian besar dari siswa tersebut hanya diam dan mereka terlihat bingung karena mereka tidak paham dengan apa yang sudah dijelaskanoleh guru. Dan menurut penuturanIbu Dewi Rahayu,S.Pd.Iketidakpahaman siswa dalam pembelajaran SKI disebabkan beberapa permasalahan yaitu kurang fokusnya siswa, kurang tertariknya siswa terhadap Metode yang digunakan oleh guru yaitu metode ceramah, metode pemberian tugas dan kurang berpartisipasinya siswa dalam pembelajaran dan belum maksimalnya pelaksanaan perencanaan pembelajaran yang sudah dirancang oleh guru.

Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukanbahwa ada pengaruh penggunaan strategiEveryone is aTeacher Hereterhadap hasil belajar sejarah kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII di SMP Islamiyah. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat. diperoleh harga chi kuadrat12,860lebih besar dari xtabel signifikan 5% dengan harga 9,488.Sehingga dalam penelitian ini pengaruhnya sangat besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 00:39
Last Modified: 30 Jan 2020 00:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item View Item