Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Minat Membaca Buku Fiqih Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VII di MTs Nurul Islam Banjit Way Kanan Lampung

Rahman, Hadit (2020) Pengaruh Minat Membaca Buku Fiqih Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VII di MTs Nurul Islam Banjit Way Kanan Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI HADIT - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Minat membaca besar pengaruhnya terhadap belajar, pelajaran yang menarik minat siswa, lebih mudah dipelajari dan disimpan dalam ingatan, karena minat dapat menambah semangat siswa dan menjadikan siswa lebih giat lagi dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa..Hasil belajar adalah suatu perubahan, dimana seorang dikatakan sudah belajar apabila perilakunya menunjukan perubahan, dari awalnya tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak mampu menjadi mampu,dari tidak terampil menjadi terampil.

Rumusan masalah dalam penelitian ini “Apakah ada pengaruhminat membaca buku fiqih terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VII di MTs Nurul Islam Banjit Way Kanan Lampung”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiminat membaca buku fiqih, mengetahui hasil belajar mata pelajaran fiqih, dan mengetahui pengaruhminat membaca buku fiqih terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VII di MTs Nurul Islam Banjit Way Kanan Lampung.Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kuantitatif, populasinya 44 siswa kelas VII dan sampel yang di gunakan keseluhuan populasi, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunkan Chi Kuadrat (2).

Berdasarkan analisis, PengaruhMinat Membaca Buku Fiqih Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas VII di MTs Nurul Islam Banjit Way Kanan Lampungmenunjukkan adanya pengaruh minat membaca buku Fiqih terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih, yaitu dimanahargaChi Kuadrat (2hit) lebih besar daripada harga Chi Kuadrat (2tabel) baik tafraf signifikan 5%. Maka dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesi nol (Ho)ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 01:16
Last Modified: 30 Jan 2020 01:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item