Anggraeni, Aprilia (2020) Penerapan Metode Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SDN 1 Bumiharjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI APRILIA ANGGRAENI NPM. 1501010157 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa tidak terlepas dari ide dan kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Akan tetapi tujuan pembelajaran sering kali tidak tercapai karena siswa kesulitan dalam memahami penjelaasan guru sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas V SD N 1 Bumiharjo yang masih rendah terutamapada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang belum memenuhi KKM sebesar 70. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang masih terpusat pada guru, kurangnya variasi guru dalam mengunakan metode pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran, merasa bosan saat pembelajaran berlangsung, menciptakan kegaduhan di dalam kelas, saling mengobrol saat pembelajaran berlangsung. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini ialah menggunkan metode pembelajaran Kooperatif learning, salah satu metode kooperatif learningialah tipe STAD (Student Team Achievement Division). Metode STAD ini merupakan metode yang berpusat pada siswa yang menjadikan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakahpenerapan metode kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN 1 Bumiharjo tahun pelajaran 2019/2020?” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metodekooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN 1 Bumiharjo tahun pelajaran 2019/2020.Metode kooperatif STAD merupakan salah satu jenis penelitian tindakan kelas dimana setiap sikus terdiri dari 2 kali pertemuan. Adapun langkah-langkah metode STAD yaitu: (1) penyampaian tujuan dan motivasi, (2) pembagian kelompok, (3) presentasi guru, (4) kegiatan belajar dalam tim kerja tim, (5) kuis/evaluasi, (6) penghargaan prestasi tim.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 64% dan pada siklus II sebesar 88%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 24% artinya hasil belajar siswa memenuhi KKM ≥ 70 mencapai 88% diakhir siklus. Hal ini menunjukkan penerapan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN 1 Bumiharjo tahun pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 01:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 01:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1630 |
Actions (login required)
View Item |