Lestari, Ani (2020) Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 3 Bukit Kemuning Lampung Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
ANI LESTARI NPM 1397791 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan metode belajar merupakan salah satu faktor di sekolah yang berpengaruh terhadap hasil belajar.Setiap metode mengajar yang dipilih dan digunakan, berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap pencapaianhasil belajar yang diharapkan.Oleh karena itu pemilihan metode yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan, hendaknya diperhatikan guru pada saat perncanaan program pembelajaran, dan pada saat proses pembelajaran di kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikanagama Islam siswakelas VIII SMPN 3 Bukit Kemuning Lampung Utara Tahun Pelajaran2019/2020?”. Adapun tujuandari Penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMPN 3 Bukit Kemuning Lampung Utara tahun pelajaran 2019/2020?” Desain yangdigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan tes membaca, dan analisis data menggunakan rumus persentase.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwametode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 3 Bukit Kemuning tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terlihat dari hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pres-test sebesar 71,61, pada pos-test 1 sebesar 74,19 dan pada pos-test 2 sebesar 79,19. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari sebelum penggunan metode resitasi dan setelah penggunaan metode tersebut. Peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam juga terlihat dari jumlah siswa yang nilai hasil belajarnya mencapai KKM 73. Sebelum penggunaan metode resitasi, persentase ketuntasan hasil belajarPendidikan Agama Islam sebesar 58,06%, sedangkan pada pos-test1 persentase ketuntasan sebesar 74,19% dan pada pos-tes 2 sebesar93,54%. Peningkatanketuntasan dari pre-tes ke pos-tes 1 sebesar 16,12% dan dari pos-test 1 ke pos-test 2 sebesar 19,35%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 02:01 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 02:01 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1631 |
Actions (login required)
View Item |