Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Course Riview Horey (CRH) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Nurul Islam Gunungsari Tahun Pelajaran 2017/2018

Meliyana, . (2017) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Course Riview Horey (CRH) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Nurul Islam Gunungsari Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Meliyana.pdf - Other

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas VIII yang masih rendahpada mata pelajaran Akidah Akhlak.Hal tersebut merupakan wujud dari berbagai masalah yang muncul dari kegiatan pembelajaran.Kurangnya fariasi dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak yang masih didominasi oleh ceramah dan penugasan secara individual. Sehingga siswa kuran terlibat dalam pembelajaran dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran Akidah Akhlak. Untuk membuat proses pembelajaran Akidah Akhlak menjadi lebih menyenangkan, peserta didik lebih aktif serta semangat dan tercapainya tujuan pembelajaran, peneliti menerapakan metodepembelajaran Course Riview Horey(CRH).Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah metode pembelajaran Course Riview Horey(CRH) dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas VIII di MTs. Nurul Islam Gunungsari Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Course Riview Horey(CRH) dapat dipakai untuk meningatkan hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas VIII di MTs. Nurul Islam Gunungsari.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan.

Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIMTs Nurul islam Gunungsarai pada Mata Pelajaran Akidah semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32siswa yang terdiri dari 24 putra dan 8putri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengamati aktivitas peserta didik dengean penerapan Metode Course Riview Horey(CRH). Sedangkan untuk hasil belajar siswa menggunakan lembar tes hasil belajar yaitu berupa tes tertulis (pre-test dan pos-test).

Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan Metode Course Riview Horey(CRH) hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Siklus I hasil belajar peserta didik pada spek kognitif yaitu 55%, afektif kriteria amat baik 57% dan psikomotorik 47%. Pada siklus II hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif 82%,Aspek afektif kriteria amat baik siklus II82%, dan psikomotorik 79%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Course Riview Horey(CRH) dapatmembantumeningkatkan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Nurul Islam Gunungsari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 06:41
Last Modified: 30 Jan 2020 06:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1670

Actions (login required)

View Item View Item