Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perbandingan Pembelajaran Strategi Ekspositori Dan Strategi Inquiri Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas X Semester Genap MA Al-Asror Sekampung Tahun Ajaran 2019/2020

Prayitno, Andi (2020) Perbandingan Pembelajaran Strategi Ekspositori Dan Strategi Inquiri Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas X Semester Genap MA Al-Asror Sekampung Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ANDI PRAYITNO - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Suatu pembelajaran tidak pernahterlepas dari penggunaan strategi. Guru juga harus pandai memilih strategiapa yang membantu siswa memahami materi pelajaran khususnya Fiqih. Strategiekspositori merupakan suatu metode yang digunakan guru untuk menyajikan bahan pelajaran secara utuh ataumenyeluruh, lengkap, dan sistematis dengan penyampaiansecara verbal. Sedangkanstrategiinquiri merupakan suatu strategiyang digunakan untuk mengembangkan sikap dan keterampilan siswa sehingga mereka dapat menjadi pemecah masalah yang mandiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui PerbandinganPembelajaran Menggunakan StrategiEkspositori dan StrategiInquiri Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas X Semester Genap MA Al-Asror Sekampung Tahun Ajaran 2019/2020.

Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Asror SekampungTahun Ajaran 2019/2020. Populasinya adalah siswa kelas XMA Al-Asror SekampungTahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah sekitar 59siswa.Dari data yang diperoleh, ternyata soal-soal tes valid dan reliabel dengan kriteria sangat tinggi (signifikansi 0,809). Kemudian dilakukan analisis derajat.Dilanjutkan uji normalitas pada metode ekspositori diperoleh nilai signifikansi 0,200 dan metode inquiri diperoleh nilai signifikansi 0,200. Karena signifikansi untuk kedua variabel lebih besar dari 0,05, maka kedua sampelberasal dari populasi yang berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas dan diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,262 karena lebih dari signifikansi 0,05 maka kedua sampel memiliki varian yang sama (homogen). Sedangkan pada perhitungan data diperoleh nilai rata-rata kelas yang diajar menggunakanstrategiekspositori sebesar 64,8 dan nilai rata-rata kelas yang diajar menggunakan strategiinquiri sebesar 76,569. Setelah dilakukan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh hasil ada perbedaan antara rata-rata hasil belajar menggunakan strategiekspositori dan inquiri.

Sehingga pada penelitian ini didapat hasil bahwa ada perbedaan pembelajaran strategi ekspositori dan strategi inquiri terhadap hasil belajar fiqih kela X semestergenap di M Al-Asror Sekampung tahun ajaran 2019/2020. Dimana rata-rata hasil belajar menggunakan metode ekspositori lebih kecil dari rata-rata hasil belajar menggunakan metode inquiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 00:56
Last Modified: 31 Jan 2020 00:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item View Item