Ni’mah, Faridhotin (2019) Penerapan mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak kelas IV MI Al-Imam Metro Kibang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 074.FTIK.2019.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil prasurvey peneliti, pada hasil belajar semester ganjil mata pelajaran akidah akhlak tahun pelajaran 2017/2018 terdapat beberapa siswa yang belum tuntas karena variasi gaya mengajar yang kurang menunjang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran yang lama. Dari hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :”Apakah penerapan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak kelas IV MI Al-Imam Metro Kibang TP 2018/2019?”
Mengacu masalah tersebut diatas, penulis berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping, pada sub pokok bahasan perilaku terpuji ( al-asma al-husna, beriman kepada nabi dan rasul, sifat wajib rasul serta ulul azmi ). Pada proses pembelajaran siswa akan terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitian penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, dan pada tiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan dengan masing-masing pertemuan aalah 2 x 35 menit , kemudian tahap-tahapnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasil belajar akidah akhlak melalui penerapan mind mapping kelas IV MI Al-Imam Metro Kibang semester genap TP 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: pembelajaran menggunakan penerapan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak kelas IV MI Al-Imam Metro Kibang semeseter genap, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan ketuntasan sebesar 75,30%, dan pada siklus II yaitu 76,92%. Artinya terdapat peningkatan dari siklus I kesiklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 07:21 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 07:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/174 |
Actions (login required)
View Item |