Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Problematika Pembelajaran Menulis Bahasa Arab dan Solusinya Pada Siswa Kelas XI MA Darul A’mal Metro Tahun Pelajaran 2018/2019

Azhari, Azwar Adi (2019) Problematika Pembelajaran Menulis Bahasa Arab dan Solusinya Pada Siswa Kelas XI MA Darul A’mal Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AZWAR ADI AZHARI 14116062.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Problematika menulis Arab terlihat dari kesalahan siswa dalammenulisdengan menambah huruf, mengurangi, dan ketidak jelasan tulisan sehinggamenyulitkan pembaca untuk membacanya. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahuiProblematika menulis bahasa Arab dan solusinya pada siswa kelas XIMA Darul A’mal Metro. Adapun desain penelitian ini menggunakan desainpenelitian kualitatif lapangan. Adapun alat pengumpulan data menggunakan :wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknikanalisis data kualitatif, yang terdiri dari tiga tahapan,yaitu :data reduction,datadisplay,danconclusion/verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika menulis bahasa Arabkembali pada kelemahan siswa pada pembelajaranImla’, menyambung danmemisah huruf,I’rabdan kaidah bahasa Arab. Darisegi Imla’ problematikatersebut nampak dari kelemahan siswa menulis huruf dan kalimat yang didiktekan oleh guru siswa. Problematika menulis bahasa Arab dan solusinya padasiswa kelas XI MA Darul A’mal Metro mampu mengucapkan kalimat yang didiktekan olehguru tetapi tidak mampu menulisnya. Dari segi menyambung hurufdan memisahnya, siswa merasa kesulitan menulis huruf bahasa Arab yangberbeda-beda disebabkan perbedaan letak diawal atau di akhir kalimat. Demikianpula disebabkan perbedaannya pula dalam mufrad, tasniyah dan jamak, ataubentuknya dalamIlmu Sharaf. Dari segiI’rabsiswa merasa kesulitan menyusunjumlah ismiyahdanfi’liyah, meletakkan dhomir dalam jumlah. Demikian pulaperubahan kata benda darimufradketasniyahataujamakatau perubahan katakerja sesuai dengan konteks zamannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:33
Last Modified: 31 Jan 2020 04:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item