Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Teknik Pembelajaran Istima` pada Siswa Kelas VIII MTs Darul A`Mal Metro Tahun Pelajaran 2018/2019

Muthoharoh, . (2019) Teknik Pembelajaran Istima` pada Siswa Kelas VIII MTs Darul A`Mal Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MUTHOHAROH NPM. 14116392.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu aspek penting dalam pembelajaran istima’adalah memilih teknik yang efektif didasarkan pada dasar-dasar pendidikan,dimana pemilihanya mengacu kepada aspek-aspek seperti perbedan individual antara siswa,tingkat perkembangan mereka,derajat kesadaran mereka,berbagai pengalaman pendidikan yang diperolehnya serta menjaga unsur waktu,yaitu alokasi waktu dari jadwal pelajaran.

Berdasarkan uraian diatas peneliti melakukan penelitian lapangan tentang teknik pembelajaran istima’pada siswa kelas VIII MTs Darul Amal Metro. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan pertanyan penelitian, yaitu: Bagaimana teknik pembelajaran istima’pada siswa kelas VIII MTs Darul amal Metro tahun pelajaran 2018/2019. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui teknik pembelajaran istima’pada siswa kelas VIII MTs Darul amal Metro tahun pelajaran 2018/201. Peneliti mengunakan desain penelitian kualitatif lapangan. Adapun teknik pengambilan data mengunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data mengunakan teknik analisis data kualitatif berdasarkan pendapat Miles and huberman yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: reduksi data, pemaparan data dan pengambilan kesimpulan.Adapun hasil penelitian yaitu teknik pembelajaran istima’yang digunakan oleh guru di MTs Darul amal Metro terdiri dari tiga teknik, yaitu latihan pengenalan mengidentifikasi suara, latihan mendengar dan mengikuti pengucapan, dan latihan mendengar disertai pemahaman suara yang didengar. Guru berupaya melatih siswa mengenal suara-suara bahasa Arab agar mereka mampu membedakan antara karakteristik satu huruf dengan huruf lainya dari segi sifat dan makhorijulhurufnya. Guru mengajukan kepada mereka suara-suara kalimat bahasa Arab yangberbeda, dan melatih pengucapan. Terkadang guru mengajukan suara bahasa Arab melalui media audio. Guru menjelaskan karakteristik huruf bahasa Arab, baik panjang pendek dan penekananya, kemudian menyuruh siswa berlatih pengucapan berulang-ulang sehingga dapat dicapai pengucapan yang benar sesuai suara yang didengar. Guru melatih siswa mendengar suara bahasa Arab disertai memahami ungkapan ungkapan sederhana yang terdiri dari dua atau tiga jumlah, tetapi disertai dengan melihat kemampuan siswa dalam memahamimakna kosakata. Latihan dilakukan dengan mengajukan pertanyan secara lisan yang berkaitan dengan materi istima’kemudian menyuruh siswa menjawabnya secara lisan.terkadang guru mengajukan pertanyan pilihan yang berupa jawaban benar salah pengertian menyuruh siswa menjawab pertanyan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:54
Last Modified: 31 Jan 2020 04:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item