Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Metod Sosio Drama pada Siswa Kelas VII MTs As-Sa’adah Mojoagung Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019

Cholifaturrohmah, Titin (2019) Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Metod Sosio Drama pada Siswa Kelas VII MTs As-Sa’adah Mojoagung Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI TITIN CHOLIFATURROHMAH_1170902.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Urgensi pembelajaran berbicara dalam bahasa asing nampak dari urgensi berbicara itu sendiri dalam bahasa. Berbicara dikategorikan sebagai unsur dasar dalam kurikulum pembelajaran bahasa asing yang dinilai oleh para praktisi di bidang tersebut sebagai tujuan pembelajaran bahasa asing yang penting, karena berbicara secara umum mencerminkan praktik dalam pembelajaran bahasa.

Berdasarkan uraian tersebut peneliti melaksanakan penelitian tindakan dengan menerapkan metode sosiodrama pada siswa kelas VII MTs Asa’adah Mojoagung Lampung Tengah. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan rumusan masalah yaitu: “Apakah keterampilan berbicara dapat meningkat dengan penggunaan metode sosiodrama pada siswa kelas VII MTs Asa’adah Mojoagung Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019?. Peneliti mengunakan desain penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus, di mana dalam setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Alat pengumpulan data mengacu kepada tes. Adapun analisis data gunakan rumus persentase.

Adapun hasil penelitian yaitu keterampilan berbicara meningkat dengan penerapan metode sosiodrama pada siswa kelas VII MTs Asa’adah Mojoagung Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019, dimana nilai tes meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Halitu karena nilai tes di akhir siklus 1 sebesar 2040 dan di akhir siklus 2 sebesar 2190. Siswa yang memperoleh nilai ketuntasan di pos-test 1 sebanyak 20 siswa (68,97%). Siswa yang tidak memperoleh ketuntasan di siklus 1 sebanyak 9 orang (31,03%). Adapun siswa yang memperoleh ketuntasan di pos-test 2 sebanyak 26 siswa (89,6%). Siswa yang tidak memperoleh ketuntasan di pos-test 2 sebanyak 3 orang (10,34%). Berdasarkan hal itu diketahui peningkatan keterampilan berbicara di akhir siklus 2 dengan selisih 20,69%. Oleh karena itu hipotesis yang peneliti ajukan yaitu keterampilan berbicara mening melalui penggunaan metode sosiodrama pada siswa kelas VII MTs Asa’adah Mojo Agung Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 06:11
Last Modified: 31 Jan 2020 06:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1756

Actions (login required)

View Item View Item