Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an Siswa SMA Negeri 1 Raman Utara

Lavitasari, Febri (2017) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an Siswa SMA Negeri 1 Raman Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
FEBRI LAVITASARI - 1398451.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah Swt. setiap muslim harus mampu dan istiqamah dalam melaksanakannya terutama pada usia remaja. Akan tetapi problematika agama di sekolah selama ini hanya dipandang melalui aspek kognitif atau nilai dalam bentuk angka saja, kurang mendorong bagaimana siswa dididik mengamalkan dan meningkatkan motivasi pada ajaran-ajaran agama dalam dunia nyata seperti dalam hal membaca Al-Qur’an, sehingga belajar hanya sebatas menghafal dan mencatat. Hal ini mengakibatkan pelajaran agama hanya menjadi pelajaran teoritis, bukan pengalaman atau penghayatan terhadap agama itu sendiri.

Berdasarkan dengan latar belakang di atas, maka pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana peranan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an siswa SMA Negeri 1 Raman Utara?Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui peranan guru pendidikan agama Islam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an siswa SMA Negeri 1 Raman Utara, untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa SMA Negeri 1 Raman Utara dalam membaca Al Qur’an. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan deskripsi data dan penyajian data dari hasil survey dan wawancara bahwa peranan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menigkatkan motivasi membaca Al-Qur’an siswa menggunakan tiga cara diantaranya: memberikan pujian, menghukum dan menciptakan suasana yang berpengaruh bagi pertumbuhan positif.

Berdasarkan analisis datadapat disimpulkan,bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an siswa SMANegeri 1 Raman Utara dapat dikatan sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dariguru memberikan Pujian yang menitikberakan pada pemberian apresiasi positif kepada siswa selain itu juga memberikan nilai plus, dan reward bagi siswa yang rajin membaca Al-Qur’an. Menghukum siswa yang tidak mengikuti kegiatan membaca Al-Qur’an, dengan menitik beratkan kepada hukuman menulis ayat Al-Qur’an sebanyak 5 lembar, dan mengambil surat dispensasipoint catatan pelanggaran, selain itu juga melakukan pendekatan secara emosional, menumbuhkan motivasi, menumbuhkan kesadaran siswa. Menciptakan suasana yang berpengaruh bagi pertumbuhan positif yang meninitkberatkan pada kerja sama antara Kepala sekolah,guru pendidikan agama Islam, dan guru-guru lain untuk meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:50
Last Modified: 03 Feb 2020 06:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item