Khasanah, Yunita Uswatun (2017) Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Yunita Uswatun Khasanah - 13100021.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Kewibawaan guru merupakan salah satu yang mempengaruhi minat siswa dalam belajar. Denganadanya kewibawaan segala bentuk bimbingan yang di berikan oleh pendidik akan di ikuti secara suka rela oleh anak didik.Seorang guru perlu berusaha untuk meningkatkan minat siswanya.Proses belajar mengajar minat merupakan faktor yang perlu diperhitungkan, karena pada dasarnya orang senang mengerjakan sesuatu tergantung pada minatnya. Semakin rendah minat siswa terhadap suatu pelajaran, maka akan semakin rendah juga daya tarik siswa dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kewibawaan guru terhadap minat siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2016/2017, adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII yang beragama Islam, adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 135 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mendapatkan data kewibawaan guru dan minat belajar siswa, dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang sekolah di SMP Negeri 1 Punggur. Hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kewibawaan guru terhadap minat siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2016/2017.
Dari hasil analisis menggunakan Korelasi PPM (PearsonProduct Moment)tentang kewibawaan guru terhadap minat siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Punggur Kecamatan Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018menunjukkan adanya pengaruh yaitu dimana Korelasi PPM (Pearson Product Moment)diperoleh harga ????????????0,451 lebih besar dari ????????????????????????0,169 yakni 0,451 > 0,169. Perhitungan dengan menggunakan rumus KP = r2x 100%, diketahui bahwa kontribusi Kewibawaan Guru terhadap Minat Belajar sebesar 20,34%. perhitungan menguji signifikan dengan mengunakanUji Trumus thitung, terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan Kewibawaan Guru dengan Minat Belajar. Ternyata thitunglebih besar dari ttabelatau 5,829 > 1,652, maka Ho ditolak. Dengan demikian Ha yang penulis ajukan yaitu :“ terdapat pengaruh antara kewibawaan guru terhadap minat siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:00 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 09:00 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1824 |
Actions (login required)
View Item |