Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkat Hasil Belajar Bahasa Arab Melalui Penggunaan Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas XI MA Muhammdiyah Metro Tahun Pelajaran 2016/2017

Nopriansyah, Candra (2017) Meningkat Hasil Belajar Bahasa Arab Melalui Penggunaan Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas XI MA Muhammdiyah Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Candra Nopriansyah - ‏ ‏1285492.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Upaya-upaya di bidang pendidikan secara umum kembali pada upaya mencapai tujuan pendidikan dan secara khusus berupaya mencapai hasil belajar. Hasil belajar mencerminkan pengetahuan siswa melalui program pendidikan atau kurikulum yang diajarkan, dan menunjukkan tingkat kompetensi siswa dalam aktivitas pembelajaran sebagaimana hasil belajar tersebut dievaluasi oleh guru melalui tesyang memadai.Berdasarkan penjelasan di atas, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode problem solving‏untuk meningkatkan ‏hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI MAMuhammadiyah Metro. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan pertanyaan penelitian yaitu: “Apakah ‏hasil belajar bahasa Arab dapat meningkat melalui penggunaan metode problem solvingpada siswa kelas XI MA Muhammdiyah Metrotahun pelajaran 2016/2017?.Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus,dimana dalam setiap setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Alat pengumpulan data mengacu kepada tes yang terdiri dari pre test, pos test 1, dan pos test 2. Dalam menganalisis data peneliti mempergunakan rumus persentase.

Adapun hasil penelitian yaitu penggunaan metode problem solving dapat meningkatkan ‎hasil belajar bahasa Arab siswa XI MA Muhammdiyah Metro tahun pelajaran 2016/2017‎. Hal ini ‎terlihat dari peningkatan nilai tes siswa dari siklus satu ke siklus dua. Siswa yang mencapai ‎ketuntasan di akhir siklus satu sebanyak 18 orang atau 72%. Sedangkan yang tidak mencapai ‎ketuntasan di akhir siklus satu sebanyak 7 orang (28 %). Adapun siswa yang mencapai ‎ketuntasan di akhir siklus dua sebanyak 23 siswa (92%), sedangkan siswa yang tidak mencapai ‎ketuntasan di akhir siklus dua sebanyak 2 orang (8%). Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis ‎yang penulis ajukan yaitu: “Peggunaan metode metode problem solving dapat meningkatkan hasil ‎belajar bahasa Arab siswa XI MA ‎Muhammdiyah Metro tahun pelajaran 2016/2017‎” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:20
Last Modified: 04 Feb 2020 01:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item View Item