Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Huruf Arab Melalui Penerapan Metode Drill Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiah 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017

Pratiwi, Desi (2017) Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Huruf Arab Melalui Penerapan Metode Drill Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiah 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
DESI PRATIWI - 1285512.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa mencerminkan sekumpulan huruf yang tersusun dan tertata secara rapi. Huruf-huruf tersebut merupakan unsur terkecil dari bahasa yang menjadi dasar suara dan penunjukan makna. Melalui tertibnya huruf, maka dihasilkan makna. Pengguna bahasa tidak dapat mengabaikan fungsi-fungsi huruf, ketikamenggunakan bahasa di segala bidang, dimana hasilnya makna dan tujuan tergantung kepada kesesuaian pengucapan huruf dengan makhrajnya. Berdasarkan hal ini maka makharij al-hurufmerupakan prinsip dasar dalam pembelajaran bahasa, terlebih lagi huruf-huruf dalam bahasa Arab yang memiliki kedudukan khusus karena keterkaitannya dengan bahasa Al-Quran.

Berdasarkan penjelasan diatas,maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode drilluntuk meningkatkan kemampuan pengucapan huruf-huruf bahasa Arabpada siswa kelas VIIISMP Muhammadiyah 1 Metro.Dalam penelitian ini peneliti mengajukan pertanyaan penelitian yaitu: “Apakah kemampuan pengucapan huruf-huruf bahasa Arab dapat meningkat melalui penerapan metode drill pada siswa kelas VIIISMP Muhammadiyah 1 Metrotahun pelajaran 2016/2017?.Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan.Alat pengumpulan data mengacu kepada tes lisan yang terdiri dari pre test, pos test 1,dan postest 2.Dalam menganalisis data peneliti mempergunakan rumus persentase.

Adapun hasil penelitian yaitu kemampuan pengucapan huruf-huruf Arab meningkat melalui penerapan metode drill pada siswa kelas VIIISMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2016/2017.Hal itu karena nilai tes di akhir siklus 1berada pada nilai 2045dan di akhir siklus kedua berada pada nilai 2190. Siswa yang memperoleh nilai ketuntasan pada post test 1 sebanyak 20 siswa yakni 68,97%,sedangkan siswa yang tidak memperoleh nilai tuntas pada post test 1sebanyak 9 siswa yakni 31,03%.Adapun siswa yang memperoleh nilai tuntas pada siklus kedua setelah post test 2 sebanyak 26 siswa atau 89,66% sedangkan siswa yang tidak memperoleh nilai ketuntasan pada siklus kedua setelah post test 2sebanyak 3 siswa atau 10,34%.Oleh karena itu diketahui peningkatan kemampuanpengucapan di akhir siklus kedua pada selisih 20,69%. Berdasarkan hasil tersebut, makahipotesis yang diajukan oleh peneliti yaitu “kemampuan pengucapan huruf-huruf bahasa Arab dapat meningkat melaluipenerapan metode drill pada siswa kelas VIIISMP Muhammadiyah 1 Metrotahun pelajaran 2016/2017”diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:26
Last Modified: 04 Feb 2020 01:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item