Puspita, Dwi Ela (2017) Meningkat Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Metode Membaca Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Dwi Ela Puspita - 1285572 .pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran membaca penting diberikan kepada siswa sejak usia paling awal, yang memberi kesempatan seluas-luasnyakepada siswa untuk memperbaiki, dan keterampilanpenyampaian suara. Melalui membaca siswa meningkat keterampilannya dari penucapan membaca dan kalimat kepada kecepatan membaca dab keterampilanmenemukan makna, dan pengungkapan yang benar, tentang teks yang dibacaya. Berdasarkan penjelasan di atas, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode membacauntuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Metro. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan pertanyaanpenelitianyaitu:“Apakahketerampilan membaca dapat meningkat melalui penerapan metode membacapada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2016/2017?.Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Alat pengumpulan data mengacu kepada tes lisan yang terdiri dari pre test, pos test 1, dan pos test 2. Dalam menganalisis data peneliti mempergunakan rumus persentase.
Adapun hasil penelitian yaitu proses pembelajaran membaca meningkat denga menggunakan metode membaca, dimana aktivitas siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Di akhir siklus 1, aktivitas siswa yang berada dalam kategori baik sebanyak 42,42%, sedangkan di akhir siklus 2 meningkat menjadi 61,82%.Keterampilan membaca meningkat melalui penerapan metode membacapada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2016/2017. Adapun hasil penelitian yaitu keterampilan membaca meningkat melalui penerapan metode membacapada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2016/2017. Peningkatan tersebut terlihat dari total skor pre test sebesar 2200, total skor pos test 1 sebesar 2370 dan total skor akhir pos test 2 sebesar 2455. Siswa yang mencapai ketuntasan di pre test sebanyak 14 orang (43%), di pos test 1 sebanyak 23 orang (70%), dan di pos test 2 sebanyak 30 (91%). Peningkatan ketuntasan dari pre test ke pos test 1 sebesar 27%, dan dari pre test ke pos test 2 sebesar 48%. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang penulis ajukan, yaitu:“keterampilan membaca dapat meningkat melalui penerapan metode membacapada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2016/2017”diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 01:30 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 01:30 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1840 |
Actions (login required)
View Item |