Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudhlotul Qur’an Metro Tahun Ajaran 2017/2018

Husna, Maratul (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudhlotul Qur’an Metro Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MAR'ATUL HUSNA 13100652.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran adalah salah satu bentuk strategi untuk mendesain pencapaian materi agardipahami dengan mudah dengan berbagai macam metode yang menyenangkan.Model pembelajaran yang tepat dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam proses belajar, motivasi sangat dibutuhkan. Akan tetapi faktor motivasi tidak hanya dipengaruhi dari peserta didik saja, namun dari pendidik juga, begitu pula model pembelajaran yang diaplikasikan.Ada beberapa model pembelajaran yang digunakan pendidik dalam menyampaikan pelajaran bahasa Arab, diantaranya adalah model pembelajaran cooperative learning tipe NHT.

Berdasarkan prasurvai yang dilakukan peneliti pada tanggal 10 Agustus 2017 diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran bahasa Arab di SMP TMI Roudhlotul Qur’an Metrotahun ajaran 2017/2018 pendidik masih menggunakan model pembelajaran konvensional. proses pembelajaran diawali dengan pendidik menjelaskan materi pelajaran di depan kelas dan memberikan pertanyaan, latihan-latihan dan terakhir dengan memberikan PR. Inilah penyebab proses pembelajaran bahasa Arab yang tidak inovatif.Pertanyaan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe NHT terhadap motivasi belajar bahasa arab siswa kelas VIII SMP TMI Roudhlotul Qur’an Metro tahun ajaran 2017/2018”?Adapun tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan peneltian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe NHT terhadap motivasi belajar bahasa arab siswa kelas VIII SMP TMI Roudhlotul Qur’an Metro tahun ajaran 2017/2018.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP TMI Roudhlotul Qur’an Metro yang berjumlah 29 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angketdan dokumentasi. Kemudian dalam menganalisis data penulis menggunakan rumus regresi linier.

Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana, maka dapat diketahui bahwa nilai ????ℎ????????????????????hasil perhitungan = 6,975 yakni lebih besar dari nilai t-tabel pada tabel, pada taraf signifikan 5% =2,05, sehingga dapat dikemukakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang penulis ajukan yaitu: “Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe NHT dan motivasibelajar bahasa arab siswa kelas VIII SMP TMI Roudhlotul Qur’an Metro tahun ajaran 2017/2018” diterima dan disetujui, sedangkan hipotesis nihil (H0) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:37
Last Modified: 04 Feb 2020 01:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1843

Actions (login required)

View Item View Item