Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Motivasi Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Peserta Didik Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Metro T.P. 2016/2017

Khoiriyah, Siti (2017) Motivasi Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Peserta Didik Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Metro T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SITI KHOIRIYAH - 13101092.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu dari jenis keterampilan bahasa yang harus dicapai dalam pembelajaran bahasa Arab. Karena, dengan keterampilan berbicara membuat siswa untuk terampil berbicara baik di dalam maupun di luar kelas. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di SMK Muhammadiyah 1 Metro, permasalahan dalam belajar bahasa Arab adalah banyak siswa yang pendidikan sebelumnya tidak belajar bahasa Arab di sekolah mereka, penguasaan mufrodat yang dimiliki siswa hanya sedikit, malu, ragu-ragu, takut dan tidak percaya diri dari diri mereka saat maju untuk bercakap-cakap bersama temannya dengan bahasa Arab. Kemudian juga banyak siswa yang tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi.

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah motivasi terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 1 Metro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab pada peserta didik kelasa X SMK Muhammadiyah 1 Metro T.P 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis untuk menghasilkan manfaat penelitian. Sumber penelitian iniadalah sebagian siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Metro dan guru bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi.

Hasil penelitain ini adalah motivasi terhadapa keterampilan berbicara bahasa Arab pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 1 Metro masih rendah. Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah latar belakang pendidikan siswa yang berbeda, minat belajar siswa dalam belajar bahasa Arb yang sedikit, fasilitas pengajaran yang msih sederhana, dan teknikpengajaran yang kurang diminati siswa. Upaya yang dilakukan guru untuk menumbuhkan motivasi adalah pemberian tugas rumah sebagai salah satu bentuk variasi metode penyajian materi, menggunakan keragaman media yang ada seperti papan tulis, kapur, buku pakat. Guru juga memberi dorongan lisan berupa penyampaian tujuan pentingnya materi yang diajarkan sebelum proses pembelajaran dimulai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:11
Last Modified: 04 Feb 2020 02:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1859

Actions (login required)

View Item View Item