Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda Adiwarno Tahun Pelajaran 2017/2018

Khoiriyah, Siti (2017) Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda Adiwarno Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI KHOIRIYAH 13101082.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan prasurvey yang dilakukan penulis tanggal 25 april 2017, diperoleh informasi bahwa pembelajaran bahasa arab di MTs Nurul Huda Adiwarno masihmengalami hambatan yakni siswa tidak mampu berbicara bahasa arab sederhana, siswa ngobrol sendiri ketika guru menjelaskan, guru dalam menjelaskan pelajaran tidak sesuai dengan konteks yang diajarkan dan guru tidak menggunakan metode yang relevan.Pertanyaan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Apakah ada pengaruh yang positif dalam penerapan metode role playing terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Adiwarno tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan metode role playing terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Adiwarno tahun pelajaran 2017/2018.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen sungguhan. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus statistik ANOVA satu jalan “Fo” untuk menguji kebenaran ada tidaknya pengaruh yang positif dalam penerapan metode role playing terhadap kemampuanberbicara siswa.

Dari hasil analisa data yang telah peneliti lakukan dengan menggunakan rumus fomenunjukkan bahwa besarnya harga kritik nilai tabel “F” ternyata folebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 1% maupun pada taraf 5%, atau 7,50<34,19>4,15. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikansi dari penerapan metode role playing terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Adiwarno tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:15
Last Modified: 04 Feb 2020 02:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1860

Actions (login required)

View Item View Item