Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Penguasaan Kosakata dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Anwar Negeri Agung Lampung Tengah Tp. 2017/2018

Khotimah, Siti (2018) Meningkatkan Penguasaan Kosakata dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Anwar Negeri Agung Lampung Tengah Tp. 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRPISI SITI KHOTIMAH 13101102.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hambatan dalam proses pembelajaran bahasa arab di kelas VIII MTs miftahul anwar negeri agung lampung tengah adalah disebabkan karenaguru kurang tepat dalam menggunakan metode dan strategi pembelajaran, dalam proses pembelajarannya guru hanya menggunakan metode muhadatsah sehingga siswa merasa bosan dan akibatnya siswa menjadi tidak fokus dalam kegiatan pembelajaran oleh sebab itu siswa tidak dapat menguasai materi pembelajaran bahasa Arab khususnya pada penguasaan kosa kata, dari masalah tersebut peneliti menawarkan metode demonstrasi untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa.

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “apakah penggunaan media gambar dapat meningatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Miftahun Anwar Negeri Agung Lampung Tengah T.P 2017/2018?, Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab siswa setelah menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Anwar Negeri Agung Lampung Tengah T.P 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah Penelitan Tindakan Kelas yang didalamnya terdapat dua siklus. Pengumpulan data dalam menggunakan metode demonstrasi ini menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan penguasaan kosa kata bahasa arab siswa setelah menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Anwar Negeri Agung Lampung Tengah T.P 2017/2018. hal ini dapat dilihat dari peningkatan penguasaan kosa kata bahasa arab siswa dari siklus I rata-rata sebesar 64,8 kemudian siklus II meningkat menjadi 77,25 dalam hal ini terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II rata-rata sebesar 12,45 kemudian penguasaan kosa kata bahasa arab siswa dalam siklus I sebesar 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 90% dalam hal ini terjadi peningkatan penguasaan kosa kata bahasa arab siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 35%.meningkatnya penguasaan kosa kata bahasa arab sebagai bukti bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab siswa danuntuk selanjutnya metode demonstrasi dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:18
Last Modified: 04 Feb 2020 02:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item