Muslimah, Siti (2017) Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI SITI MUSLIMAH_NPM. 1170822.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran membaca bahasa Arab penting dilakukan pada siswa sejak usia dini,yang memberikan kesempatan waktu seluas-luasnya untuk memperbaiki pengucapan dan penyampaian suara yang baik.Dengan adanya pembelajaran membaca,keterampilan siswa dapat meningkat dari pengucapan huruf dan kalimatsampai pada kecepatan membaca dan ketepatan serta kemampuan menemukan makna dan mengungkapkan secara benar tentang makna yang dibaca.Demikian pula membaca dalam kehidupan ilmiah.Hal ini mempunyai tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan keluasan membaca padatahapan pembelajaran.Siswa membutuhkan latihan agar dapat memperbaiki pengucapan dan makhorijulhuruf.Latihandilakukan secara terus-menerus sampai dihasilkan adanya keterampilan membaca nyaring yang benar,disertai pemahaman terhadap makna dan kemampuan menyimpulkan materi yang dibaca.
Berdasarkan uraian di atas,peneliti melakukan penelitian eksperimen dengan menerapkan metode drill pada siswa kelas XISMA Muhammadiyah 1 Metro.Dalam penelitian ini peneliti mengajukan pertanyaan penelitian yaitu Apakah Penerapan metode drill dapat berpengaruh terhadap keterampilan membaca siswa kelas XISMA Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2016-2017?.Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelompok,yaitu:kelas eksperimen dan kelas kontrol.Kelas eksperimen disini adalah kelas XIIPAIsedangkan kelas kontrolnya adalah kelas XIIPA II.Alat pengumpulan data mengacu pada tes.Adapun analisis data menggunakan rumus analisis of variance(Anova).
Adapun hasil penelitian yaitu penerapan metode drill berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa dimana nilai tes pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai tes pada kelas kontrol.Hal itu karena nilai rata-rata kelas eksperimen pada post-testsebesar 74,17 dan pada kelas kontrol sebesar 70,59.Adapun nilai tes pada kelas eksperimen yang berada pada ketuntasan sebesar 90% dan pada kelas kontrol sebesar 81,25%.Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai F hitungsebesar 8,124 dan ketika dibandingkan dengan nilai F tabelpada derajat kebebasan 1,60 pada taraf signifikansi 5%,yaitu 4,00 diketahui nilai F hitunglebih besar dari nilai F tabel.Oleh karena itu dapat diambil ketetapan adanya perbedaan antara keterampilan membaca siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol dan hipotesis penelitian ini yaitu penerapan metode drill berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa kelas XISMA Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2016-2017 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 02:21 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 02:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1865 |
Actions (login required)
View Item |