Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Complete Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Naskh Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sekampung Tp. 2017/2018

Susanti, Siti (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Complete Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Naskh Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sekampung Tp. 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI SUSANTI_NPM. 13101142.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Poses menulis bukan merupakan suatu aktivitas yang mudah, tetapi suatu aktivitas yang membutuhkan keterampilan dalam pengungkapan dan pemikiran yang matang. Proses menulis khususnya menulis naskh menuntut mengeluarkan apa yang ada di dalam pikiran dalam bentuk teks tertulis yang tersusun dari kalimat-kalimat yang memiliki makna dan tujuan yang dapat dipahami. Semua ini menegaskan bahwa di dalam menulis naskh membutuhkan metode, strategi yang sesuai dan membutuhkan banyak latihan serta praktik terus menerus, sehingga siswa mempunyai keterampilan yang memadai ketika menulis.

Berdasarkan penjelasan diatas, peneliti berusaha untuk mengetahui pengaruh keterampilan menulis naskh siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif complete sentenceuntuk menciptakan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan serta dapat memberikan kesempatan siswa saling bekerja sama untuk menyelesaikan tugas dalam melengkapi suatu teks paragraf yang belum lengkap .Adapun penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif complete sentence terhadap keterampilan menulis naskh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sekampung Tp. 2017/2018.

Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 kelas eksperimen dan XI IPA1 kelas kontrol yang berjumlah 60 siswa Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah T-tes.Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif complete sentence terhadap keterampilan menulis naskh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sekampung Tp.2017/2018. Hal ini terlihat dari hasik analisis data dengan menggunakan rumus uji t-tes dengan hasil perhitungan thit ung sebesar 8,73. Setelah dikonsultasikan dengan tt abel 2,045, ternyata thit ung lebih besar dari tt abel , yang berarti ada pengaruh yang cukup kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:29
Last Modified: 04 Feb 2020 02:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item View Item