Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Penerapan Strategi Permainan Bahasa Pada Siswa Kelas VII MTs Darul Huda Mataram Baru Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017

Kusnanto, Toni (2017) Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Penerapan Strategi Permainan Bahasa Pada Siswa Kelas VII MTs Darul Huda Mataram Baru Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TONI KUSNANTO - 1286472.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran menulis bukan merupakan aktifitas yang mudah dan bersifat pembawaan, tetapi merupakan aktifitas yang diusahakan yang berpijak pada pembelajaran, praktik dan latihan, serta menuntut kesungguhan hati, kemampuan mengungkapkan dan pemikiran yang matang. Proses menulis menuntut pengekspresian sesuatu dalam hati berupa pemikiran, dan gambaran dalam bentuk teks tertulis, dan kalimat yang tersusun yang mempunyai makna dan tujuan yang dapat dipahami. Hal ini menegaskan bahwa dalam proses pembelajaran menulis membutuhkan strategi yang sesuai, banyak praktik, dan latihan secara konsisten setahap demi setahap sehingga siswa memiliki kemampuan yang memadai dalam menulis.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka peneliti melakukan penelitian tindakan ‎kelas dengan menerapkan strategi permainan bahasa ‎‏‎untuk meningkatkan ‎‏keterampilan menulis siswa kelas VII MTs Darul Huda Mataram Baru Lampung Timur‎. Dalam penelitian ini ‎peneliti mengajukan pertanyaan penelitian‎ yaitu:‎ “Apakah‎‎‏keterampilan menulis ‎‎dapat meningkat melalui penerapan strategi permainan bahasa ‎‎‎‏‎pada siswa kelas VII MTs Darul Huda Mataram Baru Lampung Timur tahun pelajaran 2016/2017?. Peneliti menggunakan ‎desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap ‎setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Alat pengumpulan data mengacu kepada ‎tes yang terdiri dari pre test, pos test 1, dan pos test 2. Adapun dalam ‎menganalisis data peneliti mempergunakan rumus persentase.‎Adapun hasil penelitian yaitu keterampilan menulis ‎dapat meningkat melalui penerapan strategi permainan bahasa ‎pada siswa kelas kelas VII MTs Darul Huda Mataram Baru Lampung Timur, dimana nilai hasil tes siswa meningkat dari siklus 1 ke ‎siklus ke 2. Total nilai tes di akhir siklus 1 sebesar ‏284‏, sedangkan di akhir siklus 2 sebesar ‏2985‏. ‎Siswa yang mencapai ketuntasan pada pos test 1 sebanyak 25orang, atau ‏63‏‏%, sedangkan siswa yang ‎belum mencapai ketuntasan di pos test 1 sebanyak 15orang atau‏‏38%. Adapun siswa yang mencapai ‎ketuntasan pada siklus 2 sebanyak 37orang atau 93%, sedangkan yang belum mencapai ‎ketuntasan pada siklus 2 ‎sebanyak 7orang, atau 8%. Oleh karena itu dapat diketahui peningkatan penguasaan ‎kosakata di akhir siklus 2 sebesar 30%, dan hipotesis‎yang‎peneliti‎ajukan,‎yaitu:‎“Keterampilan menulis ‎‎dapat meningkat melalui penerapan strategi permainan ‎bahasa ‎‎‎‏‎pada siswa kelas VII MTs Darul Huda Mataram Baru Lampung Timur ‎tahun pelajaran 2016/2017‎”,‎diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:33
Last Modified: 04 Feb 2020 02:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item