Sholiha, Zumrotus (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Menggunaan Media Film Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Zumrotus Sholiha - 1286572.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar mencerminkan standar keberhasilan proses pembelajaran dan efektifitasnya. Hasil belajar mengisyaratkan pada sejauh mana efektivitas proses pembelajaran dari segala aspeknya, baik dari aspek metode, media pembelajaran, maupun dari aspek sarana prasarana yang tersedia dan sebagainya. Hal ini menegaskan bahwa hasil belajar tidak terlepas dari variabel-variabel lain yang penting diperhatikan oleh guru untuk diupayaan melalui penggunaan media pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan media film pembelajaranuntuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur. Dalam penelitian ini,penelitimengajukanpertanyaanpenelitianyaitu:“Apakahhasil belajar bahasa Arab dapat meningkat dengan menggunakanmedia film pembelajaranpada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan Lampung Timur tahun pelajaran 2016/2017?.Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Alat pengumpulan data mengacu kepada tes yang terdiri dari pre test, pos test 1, dan pos test 2. Dalam menganalisis data peneliti mempergunakan rumus persentase.
Adapun hasil penelitian yaitu hasil belajar bahasa Arab meningkat melalui penggunaan media film pembelajaran pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan Lampung Timur tahun pelajaran 2016/2017, dimana nilai hasil tes siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Hal itu karena nilai tes di akhir siklus 1 sebesar 1835 dan di akhir siklus 2 sebesar 1905. Siswa yang mencapai ketuntasan di pos test 1 sebanyak 19 orang (76%), sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan di pos test 1 sebanyak 6 orang (24%). Adapun siswa yangmencapaiketuntasan di pos test 2 sebanyak 23 orang (92%), sedangkan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak2 orang (8%). Oleh karena itu diketahui peningkatan hasil belajar di akhir siklus 2 sebesar 16%, dan hipotesisyangpenelitiajukan,yaitu:“Hasil belajar bahasa Arab meningkat dengan menggunakan media film pembelajaran pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah PekalonganLampungTimurtahunpelajaran2016/2017”,diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 02:37 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 02:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1871 |
Actions (login required)
View Item |