Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor- Faktor Kesulitan Membaca Kitab Ta’limul Muta’allim Terhadap Santri Madarsah Diniyah Sunan Ampel Punggur Lampung Tengah Tahun Ajaran 2016/2017

Fatkhul Rohmah, Mila Khusnul (2017) Analisis Faktor- Faktor Kesulitan Membaca Kitab Ta’limul Muta’allim Terhadap Santri Madarsah Diniyah Sunan Ampel Punggur Lampung Tengah Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
skripsi MILA KHUSNUL FR 13100722.docx - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor kesulitan membaca kitab ta’limul muta’allim pada Santri Madrasah Diniyah Sunan Ampel Punggur Lampung Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian seluruh Santri Madrasah Diniyah Sunan Ampel Punggur. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan non probability sampling berupa purposive sampling atau pengambilan berdasarkan tujuan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran kitab ta’limul muta’allim, Guru menggunakan metode langsung, metode ceramah dan tanya jawab. Adapun faktor kesulitan membaca teks kitab ta’limul muta’allim pada Santri Madrasah Diniyah Sunan Ampel yaitu pertama: Kesulitan Linguistik: minimnya kemampuan Santri dalam pemahaman kaidah bahasa arab dan bekal kosakata, minimnya kemampuan Santri dalam menerjemahkan kalimat bahasa arab ke dalam kalimat yang tepat, membaca teks arab masih seperti mambaca ayat- ayat Al- Qur’an dan kesulitan dalam penentuan tanda baca, intonasi dan penekanan kalimat. Kedua: Kesulitan Metologis: terbatasnya waktu yang disediakan dalam pembelajaran kitab ta’limul muta’allim dan latar belakang pendidikanSantri yang berbeda- beda. Upaya- upaya yang dilakukan Guru untuk mengatasi kesulitan membaca teks kitab ta’limul muta’allim pada Santri Madarsah Diniyah Sunan Ampel Pungur yaitu memberikan tanya jawab kepada Santri yang belum paham akan materi yang sedang dipelajari, membuat metode- metode alternatif agar Santri mudah memahami materi, memberikan dorongan kepada Santri untuk belajar kepada teman yang lebih tahu, memotivasi santriagar bersemangat dalam belajar kitab ta’limul muta’allim baik di madrasah maupun lingkungan luar madrasah dan membuat satri agar tidak menganggap bahwa bahasa arab khusunya kitab kuning itu sulit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:43
Last Modified: 04 Feb 2020 02:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item