Farhani, Dini (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
file skripsi dini.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar mencerminkan standar keberhasilan proses pembelajaran dan efektifitasnya. Hasil belajar mengisyaratkan pada sejauh mana efektivitas proses pembelajaran dari segala aspeknya, baik dari aspek metode, media pembelajaran, maupun dari aspek saranaprasarana yang tersedia dan sebagainya. Hal ini menegaskan bahwa hasil belajar tidak terlepas dari variabel-variabel lain yang penting diperhatikan oleh guru untuk diupayaan melalui penggunaan media pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran. Berdasarkan uraian di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Metro. Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian, yaitu: “Apakah hasil belajar bahasa Arab dapat meningkatkan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2017-2018?”.Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus,dimana dalam setiap setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Alat pengumpulan data mengacu kepada tes yang terdiri dari pre test, pos test 1, dan pos test 2. Dalam menganalisis data peneliti mempergunakan rumus persentase.
Adapun hasil penelitian yaitu: Hasil belajar bahasa Arab meningkat dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2017/2018, dimana nilai tes siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Total nilai pre-test sebesar 1450, total nilai post-test 1 sebesar 1711, dan total nilai pos-test 2 sebesar 1861. Siswa yang mencapai nilai tuntas pada pre-test sebanyak 10 orang (41,67%), siswa yang tidak mencapai ketuntasan sebanyak 14 orang (58,33%). Siswa yang mencapai ketuntasan pada post test 1 sebanyak 16 orang(66,07%), sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan pada post test satu sebanyak 8 orang (33,33%). Adapun siswa yang telah mencapai ketuntasan pada post-test 2 sebanyak 22 orang (91,67%), sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan pada post-test 2 sebanyak 2 orang (33%).
Berdasarkan hal tersebut diketahui peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 dalam rentang selisih 25%. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan yaitu hasil belajar bahasa Arab meningkat dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2017/2018” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 03:15 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 03:15 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1885 |
Actions (login required)
View Item |