Masruroh, . (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Darul A’mal Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI MASRUROH 13100672 PBA.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hambatan dalam proses pembelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan berbicara bahasa Arab dikelas VIII MTs Darul A’maldisebabkankarena metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mata pelajaran bahasa Arab masih bersifat monoton dan konvensional, motifasi mempelajari bahasa Arab siswa masih relatif rendah dan proses pembelajaran bahasa Arab masih berpusat pada guru.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh dalam penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Darul A’mal Metro Tahun Pelajaran 2017/2018?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengguaan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Darul A’mal Metro Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen sungguhan.Dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari perhitungan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berbicara antara keduanya setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Peneliti akan melihat perbedaan dari kedua kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus ANOVA satu jalan “Fo”untuk menguji kebenaran ada tidaknya pengaruh yang positif dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab siswa.
Dari hasil analisa data yang telah peneliti lakukan dengan menggunakan rumusfOmenunjukkan bahwa besarnya harga fOdengan harga kritik nilai tabel “F” ternyata fOlebih besar dari F tabel pada taraf signifikansi 1%maupun taraf 5%, atau 7,31<9,28>4,08. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikansi dari penerapan pembelajaaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan berbicara bahasa arab siswa kelas VIII MTs Darul A’mal Metro tahun pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 03:24 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 03:24 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1890 |
Actions (login required)
View Item |