Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode think pair share pada siswa kelas IV SDN 03 Ngestirahayu Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019

Maya Lestari, Julita (2019) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode think pair share pada siswa kelas IV SDN 03 Ngestirahayu Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 153.FTIK.2019.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penerapan metode di dalam kelas sangat diperlukan, sehingga pemilihan metode yang bervariasi sangat berpengaruh dalam menunjang hasil belajar. Jika dalam memilih metode tidak sesuai dengan materi pembelajaran, maka siswa akan kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, metode think pair share dapat menjadi solusi untuk menambah variasi metode yang sudah ada. Dengan menggunakan metode tersebut dapat membuat siswa aktif dalam belajar karena siswa dapat berpasangan dengan temannya serta saling tukar pikiran untuk mendiskusikan jawaban.

Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode think pair share pada pembelajaran matematika kelas IV di SDN 03 Ngestirahayu Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 7 putra dan 9 putri. Dalam penelitian, peneliti bertindak sebagai guru dan berkolaborasi dengan guru matematika yang bertindak sebagai observer. Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Terdapat 4 tahapan pada setiap siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ada 3 yaitu: tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa siklus I sebesar 62,50 % dan siklus II sebesar 81,25 % mengalami peningkatan sebesar 18,75 %. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 53,86 % dan siklus II sebesar 76,56 % mengalami peningkatan sebesar 22,70 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di SDN 03 Ngestirahayu Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Metode Think Pair Share dapat dijadikan sebagai metode alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika di SDN 03 Ngestirahayu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:06
Last Modified: 18 Nov 2019 08:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item